Selasa, 25 September 2012

Artikel : Sembrawudnya Negaraku Ini "Indonesia"


         Sembrawudnya negaraku saat ini tidak hanya disebabkan oleh masalah besar saja tapi juga masalah-masalah kecil yang banyak terjadi. Negara yang kaya dengan alamnya yang menyiman banyak manfaat, negara yang mempunyai wilayah yang luas dan strategis ini kini hanya terpangku menatap negara-negara lain yang sedang berkompetisi untuk memajukan negara mereka masing-masing.
          Masalah yang tidak ada hentinya, yang terjadi disana-sini benar-benar membuatku dan masyarakat lainnya menangis. Apakah negara ini sudah hancur? Pemerintah yang seharusnya memperhatikan rakyat, pemerintah yang seharusnya berusaha mensejahterakan rakyat tapi itu tampaknya hanya menjadi khayalan belaka. Pemerintah hanya sibuk untuk kepentingan pribadi mereka masing-masing seperti kekuasaan, uang dan kegilaan rasa hormat.
          Apa yang kalian kerjakan disana pemerintah? Ini negara(kelompok) atau individu? Kita semua seharusnya bisa bekerja sama untuk membangun negara ini, bukan bekerja sama untuk korupsi, memperkaya diri masing-masing.  Kurasa Partai politik besar pun tak menjadi alasan  untuk menjadi teladan yang baik di pemerintah sana.
 Malas, Boros itulah yang pantas untuk pemerintahku ini. Bagaimana tidak begitu jika sumber daya alam yang melimpah ruah sepanjang negara kepulauan ini tidak kita manfaatkan semaksimal mungkin. Kita hanya menonton dan sekali lagi hanya menonton perusahaan-perusahaan asing yang menghabiskan sumber daya alam milik kita. Mereka menghabiskan sumber daya alam kita tanpa memperhatikan lingkungan alam disekitarnya. Kita hanya mendapatkan imbalan sesuai dengan kontrak sedangkan mereka mendapatkan keuntungan lebih besar daripada kita.
Coba bayangkan apabila kita mengolah sendiri sumber daya yang ada pastinya itu akan membantu perekonomian negara kita dan bisa untuk membuka lapangan kerja di negara kita ini sekaligus mengurangi jumlah pengangguran yang ada. Ini benar-benar ironis negara yang mempunyai SDA yang melimpah tapi penduduknya masih banyak yang dibawah garis kemiskinan. Kita lihat tabel di bawah ini.

Jumlah dan Persentase Penduduk Miskin, Garis Kemiskinan Tahun 2010  dan 2012
Jumlah Penduduk Miskin(000)
Persentase Penduduk Miskin(%)
Garis Kemiskinan (Rp)
2010
2011
2010
2011
2010
2011
31 023.40
30 018.93
13.33
12.49
211 726
233 740

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS)
        Dapat kita lihat dari tabel diatas , walaupun jumlah penduduk miskin mengalami penurunan, tapi jumlah penduduk miskin di Indonesia masih tergolong tinggi dari pada di negara-negara lain. Pemerintah seharusnya bisa lebih banyak mengurangi kemiskinan dengan memaksimalkan potensi yang ada. Dan salah satu cara untuk mengurangi kemiskinan adalah dengan menciptakan lapangan kerja sebanyak mungkin.
          Lapangan kerja yang sekarang ada jumlahnya tidak sepadan dengan jumah penduduk di negara ini yang belum memiliki pekerjaan atau menganggur. Pengangguran di negara ini adalah salah satu penyebab kemiskinan. Pengangguran yang semakin banyak dan akan terus bertambah apalagi  dengan adanya Mouratorium pegawai negeri selama dua tahun akan menjadi  tugas pemerintah yang berat. Berikut tabel kemiskinan tahun 2010 dan 2011
Tabel Pengangguran terbuka tahun 2010 dan 2011
2010 (Agustus)
2011 (Agustus)

8 319 779

7 700 086

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS
Dahulu kita adalah negara yang ditakuti oleh negara lain karena jiwa pemberani kita melawan ketidakadilan dan penjajahan. Tapi sekarang setelah negara ini merdeka, negara ini dihancurkan oleh makhluk-makhluk yang tidak mempunyai rasa malu. Bahkan baru saja kemarin tanggal 3 april 2012 KPK baru saja menangkap 7 DPRD Riau, 4  dari pihak swasta, dan 2 dari Dinas Pemuda dan Olahraga. Benar-benar negara ini dihancurkan oleh tikus-tikus yang tidak mempunyai rasa malu.
Mereka yang diatas sana hanya mencari kekayaan dan sekali lagi kekuasaan dengan mencari simpati dengan berbagai cara termasuk menghambur-hamburkan uang negara ini. Contohnya adalah remunisasi kepada para pegawai negeri sipil. Apakah itu perlu dilakukan jika gaji ditambah berbagaitunjangan yang sudah ada sudah dirasa cukup? Itulah yang namanya pemborosan.
Padahal jika kita lihat masih banyak orang miskin disana-sini, masih banyak masyarakat yang membutuhkan pekerjaan dari yang muda samapi yang tua dan masih banyak pula yang kita perlukan di negara ini untuk membangun negara ini lebih maju dengan warga negaranya yang sejahtera dan makmur. Daripada untuk membuang uang yang tidak perlu dilakukan itu bukankah lebih baik untuk hal tersebut diatas? Pemerintah benar-benar keterlaluan.
Kita berfikir sejenak jika negar kita ini maju dalam segala hal yang positif bukakah kita sendiri yang akan meraskannya tp kenapa seperti tidak ada niat dari para petinggi negarasaat ini untuk berusaha mewujudkannya. Begitu sembrawudnya negaraku ini yang seperti tak punya tujuan. Boros, Malas, dan Sembrawud itulah negaraku saat ini INDONESIA.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar