Selasa, 25 September 2012

Makalah Pembentukan dan Komponen Minyak Bumi

Daftar isi
Pendahuluan........................................................................................................2
Pembentukan minyak bumi..............................................................................3
·        Teori anorganik (abiogenesis)
·        Teori organik (biogenesis)
Komponen minyak bumi....................................................................................5
·        Golongan parafin
·        Golongan naftena
·        Golongan olefin
·        Golongan aromatic

Pendahuluan
       Minyak bumi (bahasa Inggris: petroleum, dari bahasa Latin: petrus ), dijuluki juga sebagai emas hitam adalah cairan kental, coklat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. Minyak bumi dan gas alam berasal dari jasad renik lautan, tumbuhan dan hewan yang mati sekitar 150 juta tahun yang lalu. Sisa-sisa organisme tersebut mengendap di dasar lautan, kemudian ditutupi oleh lumpur. Lapisan lumpur tersebut lambat laun berubah menjadi batuan karena pengaruh tekanan lapisan di atasnya. Sementara itu, dengan meningkatnya tekanan dan suhu, bakteri anaerob menguraikan sisa-sisa jasad renik tersebut dan mengubahnya menjadi minyak dan gas.
          Proses pembentukan minyak bumi dan gas ini memakan waktu jutaan tahun. Minyak dan gas yang terbentuk meresap dalam batuan yang berpori seperti air dalam batu karang. Minyak dan gas dapat pula bermigrasi dari suatu daerah ke daerah lain, kemudian terkosentrasi jika terhalang oleh lapisan yang kedap.
          Walupun minyak bumi dan gas alam terbentuk di dasar lautan, banyak sumber minyak bumi yang terdapat di daratan. Hal ini terjadi karena pergerakan kulit bumi, sehingga sebagian lautan menjadi daratan. 
          Minyak bumi biasanya berada 3-4 km di bawah permukaan. Minyak bumi diperoleh dengan membuat sumur bor. Minyak mentah yang diperoleh ditampung dalam kapal tanker atau dialirkan melalui pipa ke kilang minyak. Contoh tempat penambangan minyak di Indonesia: Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kalimantan, dan Irian Jaya (Papua).

 





Pembentukan Minyak Bumi
1. Teori Anorganik (Abiogenesis)
          Berdasarkan teori anorganik, pembentukan minyak bumi didasarkan pada        proses kimia, yaitu:
          a. Teori alkalisasi panas dengan CO2 (Berthelot)
              Dengan kata lain bahwa didalam minyak bumi terdapat logam alkali                  dalam keadaan bebas dan bersuhu tinggi. Bila CO2 dari udara                            bersentuhan dengan alkali panas tadi maka akan terbentuk asitilena.                   Asitilena akan berubah menjadi benzena karena suhu tinggi.

                b. Teori karbida panas dengan air (Mendeleyef)
              Minyak bumi terbentuk akibat adanya pengaruh kerja uap pada karbida-        karbida logam dalam bumi.

Ø  Pernyataan beberapa ahli yang mengemukakan bahwa minyak bumi mulai terbentuk sejak zaman prasejarah, jauh sebelum bumi terbentuk dan bersamaan dengan proses terbentuknya bumi. Pernyataan tersebut berdasarkan fakta ditemukannya material hidrokarbon dalam beberapa batuan meteor dan di atmosfir beberapa planet lain.

2. Teori Organik (Biogenesis)
Berdasarkan teori Biogenesis, minyak bumi terbentuk karena adanya kebocoran kecil yang permanen dalam siklus karbon. Siklus karbon ini terjadi antara atmosfir dengan permukaan bumi, yang digambarkan dengan dua panah dengan arah yang berlawanan, dimana karbon diangkut dalam bentuk karbon dioksida (CO2). Pada arah pertama, karbon dioksida di atmosfir berasimilasi, artinya CO2 diekstrak dari atmosfir oleh organisme fotosintetik darat dan laut. Pada arah yang kedua CO2 dibebaskan kembali ke atmosfir melalui respirasi makhluk hidup (tumbuhan, hewan dan mikroorganisme).

          P.G. Mackuire yang pertama kali mengemukakan pendapatnya bahwa minyak bumi berasal dari tumbuhan. Beberapa argumentasi telah dikemukakan untuk membuktikan bahwa minyak bumi berasal dari zat organik yaitu:
1.       Minyak bumi memiliki sifat dapat memutar bidang polarisasi, ini           disebabkan oleh adanya kolesterol atau zat lemak yang terdapat dalam       darah, sedangkan zat organik tidak terdapat dalam darah dan tidak dapat memutar bidang polarisasi.
2.       Minyak bumi mengandung porfirin atau zat kompleks yang terdiri dari hidrokarbon dengan unsur vanadium, nikel, dsb.
3.       Susunan hidrokarbon yang terdiri dari atom C dan H sangat mirip dengan       zat organik, yang terdiri dari C, H dan O. Walaupun zat organik           menggandung oksigen dan nitrogen cukup besar.
4.       Hidrokarbon terdapat di dalam lapisan sedimen dan merupakan bagian integral sedimentasi.
5.       Secara praktis lapisan minyak bumi terdapat dalam kambium sampai     pleistosan.
6.       Minyak bumi mengandung klorofil seperti tumbuhan.

v  Proses pembentukan minyak bumi terdiri dari tiga tingkat, yaitu:
1.       Pembentukan sendiri, terdiri dari:
          -Pengumpulan zat organik dalam sedimen
          -Pengawetan zat organik dalam sedimen
          -Transformasi zat organik menjadi minyak bumi.
2.       Migrasi minyak bumi yang terbentuk dan tersebar di dalam lapisan       sedimen terperangkap.
3.       Akumulasi tetes minyak yang tersebar dalam lapisan sedimen hingga    berkumpul menjadi akumulasi komersial.





Komponen Minyak Bumi
Komponen Hidrokarbon
Komponen hidrokarbon dalam minyak bumi dibagi jadi 4 golongan, yaitu:
-          Golongan parafin
-          Golongan naftena
-          Golongan olefin
-          Golongan aromatic

          1. Parafin
          - Adalah senyawa HC jenuh dengan rumus umum CnH2n+2 (Alkana).
          - Sifat kimia umum : stabil pada suhu biasa, tidak bereaksi dengan asam          sulfat berasap, larutan alkali pekat,     asam nitrat dan oksidator kuat.
          - Bereaksi lambat dengan klor dengan bantuan panas matahari.

Ø  C1 – C4 phase gas            : C3 dan C4 merupakan komponen utama LPG
Ø  C5 – C15 phase cair                   : terdapat dalam fraksi nafta, bensin, kerosin,                                        bahan bakar diesel dan minyak bakar
Ø  C16 - .. Phase padat         : terutama terdapat dalam malam parafin.

          2. Naften
          - Adalah senywa HC jenuh dengan rumus umum CnH2n. 
          - Mempunyai sifat kimia yang hampir   sama dengan parafin. Mempunyai           struktur siklis, sehingga disebut juga sikloparafin.
          - Senyawa naften yang banyak dikandung adalah sikopentan dan
            sikloheksan.
          3. Olefin
          - Adalah senywa HC tidak jenuh dengan rumus umum CnH2n dengan ikatan
            rangkap dua (alkena). 
          - Olefin tidak terdapat dalam minyak mentah, tetapi sedikit banyak                 terbentuk dalam distilasi minyak mentah dan proses perengkahan.
          - Karena mempunyai ikatan rangkap, maka olefin sangat reaktif dan                   merupakan bahan dasar utama industri petrokimia (etilene dan                       propilene)

          4.    Aromatis
          - Adalah senywa HC tidak jenuh dengan rumus umum CnH2n-6. 
          - Mempunyai sifat kimia sangat reaktif aktif. Mudah dioksidasi menjadi           asam, reaski substitusi dan adisi.
          - Jenis yang banyak ditemui adalah C6-C8 yang dikenal dengan Benzene,            Toluene dan Xylene (B-T-X)



SEKIAN DAN TERIMA KASIH

1 komentar:


  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus